Buah dan Sayur Terbaik Untuk Burung Pleci
Posted on: April 23, 2018, by : Arief Hermawan
Buah dan Sayur Terbaik Untuk Burung Pleci

Merawat burung pleci tentunya harus dengan sepenuh hati. Dikarenakan perawatan yang sebenarnya adalah dengan memenuhi seluruh kebutuhan burung baik dari segi tempat tinggal/sangkar, minuman, makanan, vitamin, protein serta segala nutrisi yang dibutuhkan oleh Burung Pleci.

Untuk memenuhi kebutuhan protein, sobat dapat memberikan ekstra food atau EF. Sedangkan untuk vitamin dan serat serta nutrisi lainya sobat dapat memberikan buah-buahan dan sayuran.

Tidak semua buah-buahan dan sayuran dapat diberikan kepada burung pleci lo. Karena masing-masing jenis burung memiliki makanannya sendiri, begitu pula dengan burung pleci. Terdapat beberapa buah dan sayuran terbaik bagi burung pleci.

Apa saja sih buah dan sayur terbaik yang dibutuhkan oleh burung pleci supaya ia lekas gacor dan juara ? Yuk simak daftar buah dan sayur terbaik untuk burung pleci dibawah ini yaa 🙂

Oh iya, untuk yang sedang mencari masteran pelci bisa langsung downloas suara burung pleci hanya di pawangkicau.com. Kami menyediakan suara burung berbagai jenis serta tips cara merawatnya.

Buah dan Sayur Terbaik Untuk Burung Pleci

Buah dan Sayur Terbaik Untuk Burung Pleci

Pisang

Buah pisang merupakan buah yang paling mudah ditemukan dan paling mrah harganya dibandingkan dengan buah lainnya. Sobat bahkan dapat menanamnya sendiri dipekarangan rumah. Ternyata buah kuning satu ini sangat baik diberikan kepada pleci anda loh.

Pisang memiliki banyak kandungan baik yang berguna bagi tubuh dan kesehatan burung pleci. Berikut adalah beberapa kandungan yang dimiliki oleh buah pisang yakni Vitamin C, Serat, Vitamiin A, Karbohidrat, dan Gizi.

Tetapi ada hal yang harus diperhatikan yakni jangan memberikan buah pisang setiap hari ya. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat pada pisang dapat menjadikan burung Pleci cepat gemuk dan malas.

Apel

Buah selanjutnya yang baik bagi pleci adalah buah apel. Buah apel juga memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan gizinya sehingga sobat dapat memberikan buah ini sebagai makanan tambahan bagi burung kesayangan anda.

Cara memberikan buah apel ini adalah dengan diparut sehingga teksturnya sedikit kasar seperti kroto.

Jeruk

Layaknya manusia, jeruk jika dikonsumsi oleh burung juga memberikan banyak manfaat. Buah ini juga dapat digunakan sebagai pengganti nektar yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh pleci di alam liar. Berikut adalah manfaat buah jeruk bagi pleci :

  • Menetralisir racun dalam tubuh.
  • Melancarkan pencernaan.
  • Menjaga kekebalan tubuh
  • Menurunkan suhu tubuh
  • Kulit jeruk dapat digunakan untuk terapi burung Pleci yang sulit mabung
  • Pengganti nektar

Pear

Buah pear memiliki kandungan yang hampir mirip dengan buah apel sehingga dapat juga digunakan sebagai tambahan vitamin dan nutrisi bagi burung pleci. Buah pear juga ternyata bermanfaat untuk menurunkan birahi setelah lomba. Caranya pun cukup mudah yakni dengan memberikan buah pear selama 2 hari setelah lomba supaya birahi Pleci cepat turun.

Kelengkeng

Buah kelengkeng memiliki banyak sekali manfaat bagi burung pleci diantaranya adalah sebagai :

  • Meningkatkan stamina burung Pleci apalagi ketika ia mabung
  • Memiliki kandungan serat yang dapat melancarkan pencernaan burung.
  • Menghilangkan stres.

Wolfberry

Buah asing bernama wolfberry merupakan buah yang ampuh dan dipercaya memiliki banyak manfaat bagi pleci diantaranya adalah dapat membuatnya cepat membuka paruh dan gacor. Manfaat lainya adalah wolfberry dapat berfungsi sebagai peningkat stamina.

Pepaya

Selain buah pisang, Buah pepaya juga menjadi salah satu buah kegemaran bagi burung pleci. Rasanya yang manis dan teksturnya yang halus membuat pleci lebih mudah mencernanya. Kandungan vitamin dan seratnya juga tinggi loh. Berikut adalah beberapa manfaat pepaya bagi burung pleci.

  • Menurunkan birahi pada burung.
  • Dapat menurunkan suhu tubuh.
  • Mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.
  • Mengurangi dehidrasi.
  • Mengandung vitamin A, B, C, E, serta magnesium, kalium, asam panthotenic, dan flavonoid sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh burung pleci.

Mentimun

Selain buah-buahan, sayuran juga memiliki banyak manfaat bagi pleci. Salah satu sayuran yang dapat digunakan untuk menetralisir birahi burung pleci setelah melakukan kontes adalah mentimun. Mentimun ini bahkan dapat digunakan sebagai penenang bagi burung pleci.

Wortel dan Tomat

Sayuran yang mudah ditemukan namun memiliki banyak manfaat bagi burung pleci adalah wortel dan juga tomat. Kedua sayuran ini memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin C yang sanga baik tidak hanya bagi kesehatan, namun juga baik bagi bulunya. Jika memberikan wortel dan tomat secara rutin, sobat akan mendapatkan bulu berkilau dan juga halus.

Gambas atau Oyong

Sayuran yang baik untuk diet adalah gambas atau yang biasa disebut dengan oyong. Sayuran ini dapat sobat gunakan sebagai menu diet bagi pleci yang mengalami obesitas atau kegemukan. Selain itu oyong juga dapat berfungsi untuk mempercepat proses berganti bulu.

Inilah 10 Buah dan Sayur Terbaik Untuk Burung Pleci yang telah kami bagikan kepada sobat. Semoga artikel ini dapat membatu sobat dalam merawat burung pleci anda yaa 🙂 Sampai jumpa pada arikel selanjutnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *