Sayangi mata anak Anda, ini dia aturan main gadget
Posted on: July 13, 2018, by : Ella Merina

Banyak ketentuan yang perlu dipatuhi waktu bekerja dimuka computer apabila tidak ingin mata cepat capek atau bahkan juga rusak. Begitupun waktu memakai gadget yang lain, seperti smartphone dengan kata lain telephone pandai ataupun computer tablet.

Sayangi mata anak Anda, ini dia aturan main gadget

Ukuran monitor yang lebih kecil di banding computer umum tidak bikin smartphone serta computer tablet lebih aman untuk digunakan terlalu berlebih. Benda-benda ini harus juga dibatasi penggunaannya karena bila terlalu berlebih masih dapat menyebabkan kelelahan pada mata.

” Sama, itu termasuk juga kegiatan melihat-dekat. Mata dipaksa bekerja lebih keras, ” kata dr Nina Ratnaningsih, SpM, MSc (CEH), ahli oftalmologi komune dari RS Cicendo, Bandung, dalam pembicaraan dengan detikHealth.

Melihat-dekat yang disebut dr Nina ialah beragam kegiatan yang memaksa mata untuk bekerja lebih keras serta membuatnya cepat capek. Termasuk juga salah satunya ialah memandang monitor monitor, membaca buku sangat lama, serta bekerja dengan adanya banyak detil.

Dalam hubungannya dengan kapabilitas lihat dekat, mata tidak dapat dipaksa untuk terus menerus bekerja lebih keras dari yang semestinya. Dengan berkala, mata mesti diistirahatkan dengan semboyan 20-20-20. Berarti setiap 20 menit, mata diistirahatkan sepanjang 20 detik untuk lihat objek jauh pada jarak 20 kaki (seputar 6 mtr.).

Semboyan yang sama saja berlaku saat memakai gadget. Walau layarnya kecil, efeknya pada kelelahan mata sama besar dengan monitor monitor pada computer. Oleh sebab layarnya kecil, tulisan-tulisan yang ditampilkannya juga lebih kecil serta itu akan makin membebani mata. Jika mata sudah rusak bisa memakai kacamata untuk anak yang nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *