7 Tips Menyusui Sewaktu Anda Bekerja
Posted on: July 6, 2018, by : Wahyu Astuti

Kembali bekerja setelah masa melahirkan seringkali jadi permasalahan bunda gagal dalam memberi ASI eksklusif pada si kecil. Hal tersebut sebenarnya mudah dalam pencegahanya, asalkan Anda sudah mempersiapkan diri sejak dini dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai memanajemen ASI.

Jika seorang ibu yang baru memerah ASI menjelang dia kembali bekerja, maka sang ibu dapat menyebabkan stres karena dikejar-kejar dengan kerjaan. Efek dari stres ini,  ASI anda terjadinya ketidaklancaran sehingga stock ASI semakin menipis dan akhirnya program ASI eksklusif anda gagal.

Ada beberapa saran yang bisa anda gunakan yaitu :

1. Ketahui Kondisi yang Anda

Pahami dulu bagaimana situasi anda ketika menghadapi sebuah pekerjaan. Apabila Anda bekerja saat bayi baru berusia satu bulan, maka anda dan bayi tentu dalam tahap saling belajar proses pemberian ASI.

Situasi tersebut bisa jadi kondisi yang paling sulit untuk diri anda bekerja. Selain memerah sedini mungkin sebelum anda kembali bekerja, anda perlu melakukan rutinitas memerah susu. Minimal bunda memerah dua kali sewaktu bekerja. Apabila memungkinkan perah lah 3-4 kali agar stok ASI anda untuk bayi mencukupi.

2. Persiapkan Diri & Bayi

Sebelum kembali bekerja, anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Bayi juga perlu dipersiapkan agar dia dapat minum ASI perah. Apabila stock ASI mencukupi, maka anda harus persiapan bayi anda dan ajarkan bagaimana cara meminumnya di dalam dot.

3. Memompa atau Memerah

Memompa atau memerah ASI memang bukan aktivitas yang mudah  anda lakukan. bisa jadi anda merasa ASI yang keluar saat dipompa ini begitu sedikit atau anda merasakan  kesakitan. Namun seiring berjalannya waktu masalah-masalah tersebut dapat anda diatasi.

4. Menyimpan ASI

Simpanlah ASI anda ke dalam botol atau plastik kemudian anda masukan ke dalam kulkas  dan masukan pada bagian frezer dengan suhu -15 derajat dimana ini dapat menahan ASI anda dua minggu.

5. Rencana di Malam Hari

Untuk anda yang bekerja, usahakan anda sering memberikan ASI pada bayi langsung dari payudara di malam hari. Ada beberapa manfaat positif dari menyusui di malam hari ini. Misalkan saja level hormon prolaktin (hormon yang membuat produksi ASI lebih banyak) lebih tinggi saat bunda menyusui di malam hari.

6. Waktu Tepat Kembali Bekerja

Hari-hari pertama kembali bekerja, umumnya jadi hari yang sangat berat karena disinilah akan mulai belajar memompa di kantor dan menyimpan ASI-nya. Agar waktu kerja di minggu pertama tidak terasa lama, anda bisa memilih kembali bekerja di tengah minggu seperti hari Rabu ataupun Kamis.

7. Menyusui di Akhir Pekan

Akhir pekan merupakan waktu terbaik untuk sang ibu kembali meningkatkan produksi ASI-nya. Berikan ASI pada sang bayi langsung dari payudara sesering mungkin. Dimana ini sangat bermanfaat bagi sang ibu dan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *