3 Olahraga untuk Ibu Hamil yang Dapat Menguatkan Kandungan
Posted on: June 4, 2018, by : Rutmi Saputri

senam hamil

Masa kehamilan adalah masa yang sangat rentan, untuk Anda yang sedang dalam masa kehamilan alangkah baiknya jika mulai menjaga baik-baik kesehatan agar kandungan tetap kuat. Salah satu cara untuk menjaga kehamilan agar tetap stabil dan tetap sehat sampai melahirkan adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga untuk ibu hamil tentu saja berbeda dengan olahraga biasa.

Ada beberapa jenis olahraga khusus yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan kandungan, beberapa diantaranya dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut ini adalah 3 daftar olahraga yang cocok untuk ibu hamil di berbagai trimester.

1. Senam Hamil
Olahraga untuk ibu hamil yang paling aman dan sering dilakukan adalah senam hamil. senam hamil ini biasanya dilakukan di rumah sakit denan jadwal khusus yang sudah ditetapkan. gerakan-gerakan pada senam hamil sangat bagus untuk Anda yang memiliki usia kandungan 6 sampai 8 bulan. Sebetulnya, senam hamil ini sangatlah sederhana dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Perpaduan gerakan yang dipraktikkan hanyalah gerakan melatih otot dada, pemanasan, pendinginan dan gerakan duduk. Beberapa wanita yang rutin melakukan senam hamil mengaku, tubuh mereka menjadi lebih fit dan bengkak-bengkak pada kaki menjadi lebih berkurang.

2. Yoga
Wanita hamil sangat rentan terkena yang namanya stress, apalagi jika usia kehamilan sudah mendekati masa melahirkan. Banyak wanita yang merasa tegang dan was-was ketika menghadapi masa persalinan kelak. Jika Anda adalah salah satu wanita hamil yang mudah stress dan mudah terbawa emosi ada baiknya jika mulai rutin melakukan yoga hamil. Yoga hamil sangat mudah dilakukan dan dapat Anda lakukan juga dirumah, yoga juga dapat melatih pernapasan. Mengontrol pikiran dan menjadi sarana untuk rileksasi diri, perlu diperhatikan ketika hendak melakukan yoga hamil Anda harus memilih tempat yang benar-benar mendukung terlebih dahulu.

3. Jalan Kaki
Olahraga murah meriah yang satu ini ternyata sangat baik dan banyak dianjurkan juga rutin dilakukan oleh ibu hamil. waktu yang tepat untuk melakukan olahraga jalan santai ini adalah di pagi hari tanpa alas kaki. Tanpa menggunakan alas kaki, peredaran darah akan lebih lancar dan mengurangi pembengkakan kaki di usia 8 sampai 9 bulan kehamilan. Jika Anda sudah merasa lelah dan kaki Anda sakit lebih baik segera beristirahat.

Ketiga olahraga untuk ibu hamil tersebut dapat dilakukan secara rutin, agar suasananya lebih menyenangkan tidak ada salahnya ketika melakukan olahraga ditemani oleh suami. Olahraga tersebut juga dapat meningkatkan stamina ibu hamil dan menghindari berbagai risiko yang tidak diinginkan. Itulah pemaparan terkait apa saja olahraga yang pas dan aman dilakukan untuk ibu hamil, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *