Tips Membuat Tempat Tidur Yang Nyaman Untuk Bayi
Posted on: July 8, 2018, by : Epan Hamidah

Membuat Tempat Tidur Yang Nyaman Untuk Bayi – Sebenarnya ada banyak pilihan tempat terbaik untuk tidur bayi di rumah Anda saat ini, tetapi tidak termasuk di ranjang yang menyatu dengan tempat tidur Anda dan suami Anda saat ini.

Menempatkan bayi Anda tidur bersamaan dengan Anda sangat berbahaya dan terbukti meningkatkan kemungkinan resiko sindrom kematian bayi mendadak atau sering di sebut SIDS.

Mungkin hal ini Anda anggap aneh tetapi hampir semua Dokter dan pakar berpendapat yang hampir sama, jangan menempatkan bayi tidur bersamaan dengan Anda di ranjang.

Membuat Tempat Tidur Yang Nyaman Untuk Bayi

Tidur bersamaan atau satu ranjang bukan hal yang baik untuk bayi dan Anda tetapi tidur dalam satu kamar beda ranjang adalah ide terbaik untuk Anda yang ingin selalu dekat dengan si kecil dan bisa dengan cepat memberikan ASI jika bayi memerlukannya.

Berikut ini adalah tips dan cara untuk melakukannya dengan benar:

1. Tempatkan bayi Anda di ranjang bayi di samping tempat tidur Anda saat ini.

Hal ini bisa memungkinkan Anda selalu dekat dengan bayi tetapi tidak membahayakan karena kemungkinan bayi tertimpa Anda atau pasangan Anda waktu Anda lelap tertidur. Anda juga bisa dengan jelas mendengar ketika bayi menangis dan memberikan ASI dengan cepat.

2. Modifikasi tempat tidur Anda.

Sedikit modifikasi tempat tidur Anda dengan menambahkan semacam rancang mini buat bayi di samping tempat tidur Anda di area dekat kepala Anda.

Jika Anda kreatif maka bisa menempatkan bayi dengan tepat dan nyaman untuk tidur si kecil. Hal ini juga sangat mempermudah bayi Anda mendapatkan ASI dan akan terdengar jika ia menangis di malam hari.

3. Jangan menempatkan bayi di kasur bukan khusus untuk bayi

Kasur atau alas untuk bayi tidur sudah di desain secara khusus sehingga bayi lebih aman dari bahaya yang bisa terjadi. Jangan menempatkan bayi Anda di kasur yang terlalu empuk atau kasur dewasa dengan beberapa asesoris yang tidak perlu.

Yang tidak kalah pentingnya adalah jangan menempatkan bayi Anda tidur di ruangan tempat suami Anda merokok karena sangat berbahaya bagi pernafasan si kecil.

4. Lampu yang tidak terlalu terang

Menjaga dan menempatkan lampu agar kamar Anda terlihat remang-remang tetapi tidak terlalu terang. Menempatkan lampu remang-remang pada saat bayi Anda tidur adalah hal yang umum dan ini bisa merangsang bayi Anda tidur dengan nyaman dan lelap.

Hal ini juga akan merangsang bayi menyadari bahwa malam hari yang gelap adalah waktu untuk tidur dan istirahat. Jika tempat tidur bayi terlalu terang bisa saja pada malam hari ia akan bermain karena menyadari bahwa lampu yang terang adalah waktu siang dan waktu bermain.

Beberapa masalah saat bayi tidur dan solusinya:

Bagaimana jika bayi saya tertidur saat bayi saya sedang menyusu di tempat tidur bersama saya?

Bayi sangat sering terlelap tidur pada saat ia sudah kenyang minum ASI atau sudah puas menyusu. Jika hal ini terjadi maka maka tugas Anda adalah membuat bayi Anda kenyang ASI dan tertidur dengan lelap. Langkah selanjutnya adalah memindahkan bayi Anda dari tempat tidur Anda ke ranjang yang sudah Anda sediakan.

Membuat bayi Anda tidur terlelap bisa dengan menggosok punggung bayi dan mengganti popok yang sudah basah.

Apakah aman menyusui bayi sampai ia tertidur?

Dalam beberapa bulan usia bayi, di pastikan ia akan selalu tertidur ketika si kecil menyusu dan sudah kenyang.
Ketika bayi Anda bertambah usia, ia akan terbiasa dengan sendirinya sehingga tidak akan dengan mudah terlelap ketika ia sedang menyusu dan sudah kenyang.

Bahkan banyak Dokter menyarankan menenangkan bayi agar bisa tertidur lelap ketika ia sedang menyusu dengan lahap hal ini untuk memastika bayi cukup istirahat dan berkembang dengan baik dan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *