Tips Merawat Genset Diesel Agar Awet dan Tahan Lama
Posted on: July 8, 2018, by : Epan Hamidah

Tips Merawat Genset Diesel – Genset diesel merupakan salah satu jenis genset yang banyak diminati. Jenis genset ini sangat cocok untuk dipakai di rumah, industri, perusahaan, kantor dan lain – lain. Genset memiliki peran penting terutama untuk menjadi sumber energi cadangan saat tiba – tiba listrik mati. Harga jual genset diesel ini pun sangat terjangkau.

Kelebihan dan Kekurangan Genset Diesel

Genset diesel memiliki banyak sekali kelebihan, diantaranya adalah bahan bakarnya irit sehingga dapat menghemat biaya. Selain itu, mesinnya awet, tahan lama dan harga mesin tersebut sangatlah murah. Keunggulan dari genset tersebut adalah mesinnya cepat dingin sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Genset diesel juga lebih bagus dibandingkan dengan genset dengan mesin bensin. Hal ini dikarenakan lebih awet, tahan lama, mesinnya tidak mudah panas. Kini perawatannya pun semakin mudah seiring dengan berkembangnya zaman. Selain itu, dengan menggunakan genset diesel ini dapat membantu menekan biaya produksi di pabrik.

Tips Merawat Genset Diesel

Namun, genset ini juga masih memiliki kekurangan seperti harganya lebih mahal, waktu yang dibutuhkan lama, mesinnya besar dan berat serta genset ini lebih keras saat digunakan dari pada generator lainnya.

Tips Merawat Mesin Genset Diesel

Ada berapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga dan merawat genset anda yang terdiri atas beberapa langkah. Perawatan dilakukan setiap hari, setiap  400 jam, 1000 jam dan 2000 jam setelah digunakan. Langkah pertama yaitu dengan mengecek setiap hari bahan bakar solar, jumlah dan kondisi oli, air radiator, accu, alat pengukur, fungsi alarm dan lain – lain.

Selain itu, anda juga harus melakukan perawatan setiap 50 jam pemakaian seperti mengecek separator Solar, filter solar, mengganti oli, selang bahan bakar, selang radiator, dan RPM. Langkah selanjutnya anda harus melakukan pengecekan setiap 200 jam. Hal yang dicek antara lain adalah menguras tangki solar, mengganti filter solar dan filter oli, membersihkan filter udara, belt dan RPM.

Untuk perawatan setiap 400 jam, anda hanya perlu untuk mengganti filter udara. Sedangkan untuk perawatan setiap 1000 jam yang harus dilakukan adalah mengganti air dan membersihkan radiator. Mengecek injektor nozzle dan pengabutan nozzle.

Pengecekan dan perawatan setelah 2000 jam antara lain adalah mengganti selang bahan bakar, selang pendingin, mengecek baut. Berikut ini adalah beberapa cara perawatan genset:

  1. Genset diletakkan di tempat yang kering agar tidak terkena air saat hujan
  2. Rajin membersihkan dan melakukan pengecekan pada mesin genset
  3. Spare part diganti dengan yang baru
  4. Diusahakan sirkulasi udara lancar
  5. Gunakan genset sesuai dengan aturan
  6. Bahan bakar harus rajin dicek setiap hari
  7. Matikan genset saat dirasa ada yang tidak normal

Tujuan dilakukannya pengecekan adalah untuk menjaga mesin agar awet dan tahan lama. Dengan demikian, mesin genset tidak mudah rusak. Selain itu, dengan perawatan yang baik dapat membantu kualitas genset anda agar aman untuk digunakan dan sistem kerjanya optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *