Mantan Ketua MK, Mahfud MD Dukung Jokowi Beri Optimisme ke Rakyat
Posted on: April 8, 2018, by : Atik Sugianti
Jokowi

Dengan mengutip Hasta Brata, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD memberikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo untuk memberikan semangat dan rasa optimism kepada rakyat agar mampu menghadapi tantangan jaman. Mahfud MD setuju dengan sikap Presiden Jokowi bahwa pemimpin wajib memberikan rasa optimis kepada rakyatnya bukan sebaliknya yakni membuat rakyat takut untuk bekerja keras.

Mahfud MD menegaskan tugas pemimpin memang berat yakni harus kuat untuk menuntun rakyatnya menghadapi rasa takut dan sikap pesimis. Ia menjelaskan Indonesia mewarisi ajaran dan budaya kepemimpinan Hasta Brata yang terdiri atas delapan pedoman kepemimpinanan khas Jawa.

Mahfud MD berujar ajaran tersebut masih relevan sampai sekarang, karena sesuai dengan semangat Pancasila. Dalam delapan pedoman kepemimpinan Hasta Brata tersebut terkandung sikap optimis dan tidak membuat rakyat pesimis.

Jokowi

Usai menjadi pembicara di Universitas Mataram (Unram), Sabtu (7/4/2018) malam, Mahfud MD menjelaskan Hasta Brata merupakan istilah kepemimpinan yang merujuk pada sifat-sifat alam, seperti surya, Chandra, buana, Kartika, dan lain sebagainya. Uraian penting hubungan antara kepemimpinan dengan sifat-sifat alam tersebut antara lain seperti surya di mana seorang pemimpin harus mampu menjadi matahari yang memberikan kehangatan dan menyinari seluruh alam semesta.

Juga harus bisa seperti bulan yang mampu memberikan cahaya lembut kepada semesta, sehingga orang-orang yang berada dalam kegelapan tersinari dan mendapatkan jalan yang benar. Pemimpin juga musti seperti bintang (Kartika) yang mampu mengarahkan, serta mempunyai sifat buana yang selalu lapang dada.

Seluruh pernyataan mantan ketua MK Mahfud MD tersebut merujuk pada pidato Jokowi dalam Konvensi Nasional 2018 yang isinya menekankan pemimpin harus mampu menularkan sikap-sikap optimism kepada rakyatnya. Pidato Jokowi tersebut juga mendapatkan beragam respon dari netizen di media sosial.

Responnya terbelah, ada yang setuju dengan sikap Presiden Jokowi ada pula yang bersikap nyinyir. Akan tetapi ada yang lebih banyak dari mereka memperhatikan substansi ketika Presiden Jokowi menjawab isu Indonesia bubar di tahun 2030.

Salah satunya, akun twitter Mas Teddy Bayupatti @MasTBP_ di Twitter merespon pidato Jokowi dengan mengtakan, “Pemimpin itu harus menyebarkan semangat Optimisme bukan Pesimisme apalagi pakai “Galau”

Gimana mau Ganti Presiden kalau cuman modal Tagar doang, mencalonkan diri sendiri aja “Maju Mundur Mundur Cantik”

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *