Macam-Macam Umpan Ikan
Posted on: April 30, 2018, by : Atik Sugianti

Untuk kalian yang hobi memancing, perlu membuat beberapa cara jitu yang bisa dijadikan umpan bagi semua jenis ikan. Semua jenis ikan bisa dan mau memakan jenis umpan yang amis seperti cacing dan ketela rambat dan itu menjadi makanan ikan laut dan tawar.

Disini akan membahas beberapa jenis umpan yang bisa menghasilkan ikan lebih banya lagi dibandingkan dengan jenis umpan yang biasa. Ada beberapa cara untuk membuat umpan racikan yang diantaranya ialah sebagai berikut:

sumber gambar: Jual kolam terpal

Cacing tanah

Cacing adalah jenis umpan yang disukai banyak ikan. Terutama ikan yang berasal di air tawar seperti lele, gabus, mujair nila dan lain-lain. Karena jenis ikan tersebut lebih dekat dengan tanah yang terdapat cacing di pinggir-pinggir kali atau danau dimana ikan itu berada.

Kroto

Kroto yang kita kenal sebagai pakan manuk, namun bisa kita gunakan sebagai pakan ikan jenis air tawar. Kroto ini bagus untuk pertumbuhan ikan, karena mengandung protenin yang sangat tinggi. Jadi, jika kita ingin membudidayakan ikan air tawar, bisa dengan menggunakan kroto agar mempercepat pertumbuhannyam karena selain protein ada manfaat yang baik untuk perkembangan ikan tersebut.

Ketela rambat

Ketela rambat ialah tumbuhan yang merambat panjang dan bisa kita gunakan sebagai pakan ikan, khususnya ikan air tawar. Biasanya dijadikan bahan campuran pelet dan telur sebagai bahan makanan ikan.

Cara membuatnya ialah menyediakan telur secukupnya serta menyiapkan pelet didalam wadah lalu diaduk dengan ketela rambat tersebut yang sudah matang. Diaduk secara merata sampai telur dan pelet tersebut menyatu.

Lumut

Lumut juga bisa dijadikan bahan pakan ikan yang sangat ampuh bagi pemancing ikan air tawar. Karena lumut ini cukup disukai oleh kebanyakan ikan air tawar. Namun sbagian orang bisa mencampurkannya dengan memberi telur dan bahan penguat lainnya.

Umpan buatan

Ada sebagian orang yang membuat racikan sendiri dengan berbagai macam campuran yang diantaranya ialah keju roti dan pelet atau dedak. Bisa dijadikan bahan umpan bagi ikan air tawar yang banyak disukai oleh jenis ikan seperti emas, nila dan mujair.

Sumber Artikel: Jual kolam terpal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *